hoteljadi – Jogja memang spesial seperti yang didengung-dengungkan. Satu diantara kelebihannya berada di bidang wisata. Tidak cuma wisata alam saja yang memesona, ada pula wisata kuliner yang pantas untuk dicicip menunya. Diantaranya bila telah sekian tahun keberadaannya atau biasa disebutkan legendaris. Lalu, ada obyek wisata kuliner legendaris apapun di Jogja yang benar-benar populer akan kelezatannya?

Gudeg Bromo Bu Tekluk
Pernah dengar namanya? Kemungkinan bila Anda adalah satu diantara pelancong yang sering pelesiran ke Jogja telah mengenalnya dengan benar-benar baik. Gudeg sendiri adalah makanan memiliki bahan fundamen nangka muda yang dibuat dengan santan sepanjang berjam-jam sampai warnanya beralih kecokelatan. Umumnya, ada kombinasi gula merah serta daun jati waktu memasaknya hingga didapatkan warna merah yang cocok.

Well, Gudeg Bromo Bu Tekluk ini terhitung dalam satu diantara obyek wisata kuliner legendaris Jogja loh. Dia telah ada semenjak 1984 alias telah 35 tahun loh keberadaannya di dunia kuliner Jogja serta rasa-rasanya masih ‘Endang’ berkelanjutan. Buat kamu yang ingin tahu, Gudeg Bromo ini dapat dikunjungi waktu malam hari serta cuma di Jogja.

3 Tempat Wisata Kuliner Legendaris Jogja yang Harus Didatangi serta Cicip Menu Gudegnya
3 Tempat Wisata Kuliner Legendaris Jogja yang Harus Didatangi serta Cicip Menu Gudegnya

Gudeg Bromo sendiri adalah nama dari penyajian Gudeg basah yang disiram areh gurih ditemani dengan sambal krecek pedas serta beberapa lauk penambahan. Lauknya dapat pilih sendiri loh sesuai dengan hasrat, ada tahu, tempe, telur, ayam suwir, ceker, kepala ayam, serta lauk yang lain yang tidak kalah lezat. Nah, yang unik dari Gudeg Bromo ini terdapat di sambal krecek pedasnya.

Umumnya, dimana juga itu membuat sambel krecek pedas memakai daging sapi. Lain di sini, dia memakai kulit daging kerbau. Hingga teksturnya jelas berlainan serta tidak gampang hancur waktu dibuat. Nah, untuk dapat nikmati Gudeg Bromo di obyek wisata kuliner legendaris

Jogja ini kamu dapat hadir sesudah masuk larut malam, alias jam 23.00 sampai jam 05.00 subuh.

Alamat dari Gudeg Bromo Bu Tekluk ada di Jalan Affandi No 2A, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Untuk harga sendiri murah dan meriah kok, cukup hanya uang Rp20.000,- kamu bisa mencicip makanan ciri khas Jogja ini.

Gudeg Yu Djum
Masih dengan Gudeg jadi ikonik kota Jogja. Masih ada satu obyek wisata kuliner legendaris Jogja yang bertopik Gudeg , yakni Gudeg Yu Djum. Jika ini telah tidak disangsikan kepopulerannya, benar-benar sangat hits di atau luar kota Jogja. Bila di Bu Tekluk harus malam hari, di sini kamu tidak butuh menanti malam hari untuk mencicipinya.

Gudeg Yu Djum sendiri punya beberapa titik cabang di Jogja yang gampang didapati. Jadi, jangan cemas susah menemukannya. Usaha kuliner yang dirintis oleh Alm. Djuwariah atau populer dengan nama Yu Djum ini telah eksis semenjak 1950 alias telah 69 tahun. Wah wah wah … betul-betul legendaris jika ini. Pusatnya sendiri berada di Wijilan, ada dua tipe Gudeg. Nah, perbedaannya, di tempat ini ada Gudeg Kering yang banyak dipakai oleh pelancong untuk oleh-oleh.

Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan
Tidak cuma namanya yang mengguncangkan (read: Lindu ialah bahasa Jawa dari gempa), Gudeg Mbah Lindu sendiri jadi satu diantara gudeg legendaris di Indonesia. Penjualnya ya Mbah Lindu yang telah berjualan semenjak waktu penjajahan. Khasnya, umur Gudeg Mbah Lindu ini telah sampai 100 tahun. Kamu dapat menikmatinya dari jam 05.00 sampai 11.00 siang. Untuk sampai obyek wisata kuliner legendaris Jogja ini kamu perlu berhenti di muka Hotel Grace Yogyakarta, tidak jauh dengan lokasi Malioboro. Enak loh nikmati Gudeg sambil hirup udara pagi Jogja serta keramahtamahan orang-orangnya.